15.5.12

Bola Sampah

Irwan Ahmett merupakan seniman yang suka berkolaborasi dengan lingkungannya, melihat berbagai permasalahan dan mencoba masuk dan bermain-main di sana. Ternyata permainan itu menciptakan kondisi positif dan barangkali juga memecahkan inti masalah itu. Kali ini iwang (sebutan akrabnya) menciptakan sebuah bola salju, hmmm.. karena di Indonesia, iwang pakai bola sampah (trash Ball). Project ini dimasukan iwang dalam situs PATUNGAN.NET, sebuah situs crowdfunding indonesia. Jika tergerak hatinya atau tertarik dan ingin mendukung silahkan langsung meluncur ke sini . :)

TRASH BALL


Kita semua sudah tahu bagaimana bermain bola salju! Bergulir dari bola kecil hingga terus membesar. Tentu saja Indonesia tidak memiliki salju! Tapi kita punya banyak sampah! Sebagai negara yang kota-kotanya kerap dihadapkan oleh persoalan sampah, diperparah dengan rendahnya kesadaran warga dan minimnya sosialisasi dari pemerintah untuk mengendalikan benda buangan ini. Kita tidak pernah tahu strategi apa yang diterapkan untuk mengendalikannya. Sehingga setiap hari volumenya bertambah tidak terkendali.





Trash Ball adalah intervensi Irwan Ahmett di wilayah spesifik (tempat pembuangan sampah ilegal) untuk mengajak warga sekitar mengumpulkan sampah dari lingkungannya dan merekonstruksi bentuknya menjadi sebuah bola yang terus membesar.

Tiga misi utama yang ingin dicapai melalui proyek ini:

   1. Menciptakan obyek lain dari benda buangan,
   2. Memberikan kesenangan dengan melibatkan warga secara aktif,
   3. Meningkatkan kepedulian pada persoalan sampah.

Target ukuran yang ingin dicapai minimal seukuran tubuh manusia dan maksimalnya tanpa batas, seperti jumlah sampah yang terus bertambah diluar kendali!







0 speaks: