14.8.07

Sejarah bajigur!


bajigur berawal dari tanpa nama.
indra dan erwan dulunya adalah desainer dan copywriter sebuah biro iklan. selepas keluar dengan lega, indra menjadi inhouse designer di suatu perusahaan elektronik. dan erwan kuliah. kami mengalami kerjaan rutin yang lebih menjemukan dari di perusahaan iklan. indra dan erwan masih sering kontak untuk diskusi ide apa aja.

suatu hari di 1 bulan menjelang pinasthika award 2007. mereka berdua ingin menyebarkan sesuatu yg menarik di acara festival itu secara inisiatif aja. akhirnya terpikir banyaknya teman2 yang dikenal kreatif disekitarnya. kenapa tidak meliput mereka saja? mewawancarai dan mengekspos karya mereka dalam bentuk digital.
akhirnya mulai bekerja dengan target penyebaran pas pinasthika.
Maka tercetuslah nama bajigur!, dual makna, umpatan khas jogja yang ketika melihat sesuatu yang dahsyat, dan juga salah satu minum tradisional Indonesia.
namun kita harus mengeluarkan uang untuk modal CD dan cetak kemasan CD yg keren itu :P. sebelumnya kita coba menawarkan konsep majalah digital ini badan usaha di sekitar kita. dengan maksud membantu dengan barter iklan.

Kita awali dengan membuat presentasi kecil dengan laptop, tentang bagaimana media ini bekerja. karena bagi orang awam mereka masih blum paham benar keunggulan media digital. Disebut sebagai Viral marketing (buzz). file ini akan dicopy oleh orang diseluruh dunia tanpa mereka merasa itu adalah sebuah marketing tool. Berdua keliling dari toko satu ketoko lain dengan sebuah leptop kreditan. Tak dinyana, ternyata banyak yang tertarik dengan konsep bajigur. Akhirnya ada yang mau modali untuk 200 buah CD dan cetak kemasan gratis. Malamnya kita langsung bekerja.. dan di hari awarding night Pinasthika. Kita menyebarkan keseluruh orang yg lewat. dengan membabibuta... hahaha.

itulah awal bajigur.
bajigur 4, 5, 6 berjalan dengan tambahan 1 orang lagi dari marketing. eko prayitno. syukurlah banyak terbantu dari sisi financial. Alhamdulillah dukungan merchandise dan cetak CD dan kemasan tidak pernah menggunakan uang sendiri. bajigur 6,7 sudah dibantu oleh adib sulthon dan melibatkan para voulenteer.
so far bajigur mencoba memanfaatkan semua tool gratis yang ada disekitarnya. dengan maksud mendidik generasi muda untuk tidak malas, karena berpikir untuk membuat suatu usaha yg kreatif tidak harus mengeluarkan uang. internet sudah memudahkan kita semua..
so.. manfaatkanlah.. (sembari meneguk 2 gelas bajigur sekaligus)

0 speaks: